Kelas dan objek



Apa itu Kelas dan Objek?

  • Kelas adalah cetak biru untuk menciptakan objek. Kelas mendefinisikan atribut dan perilaku objek.
  • Objek adalah instansi dari kelas. Objek memiliki status dan perilaku yang ditentukan oleh kelas yang mendefinisikannya.

Menggunakan Kelas di Kotlin

Mendefinisikan Kelas

Kita mulai dengan mendefinisikan kelas sederhana. Berikut adalah cara mendefinisikan kelas di Kotlin:

class Mobil {
    var warna: String = ""
    var merk: String = ""

    fun jalankan() {
        println("Mobil $merk berwarna $warna sedang berjalan.")
    }
}

Membuat Objek dari Kelas

Setelah mendefinisikan kelas, kita bisa membuat objek dari kelas tersebut. Berikut adalah cara untuk membuat objek:

fun main() {
    val mobilSaya = Mobil()
    mobilSaya.warna = "Merah"
    mobilSaya.merk = "Toyota"
    mobilSaya.jalankan()  // Output: Mobil Toyota berwarna Merah sedang berjalan.
}

Konsep Dasar Kelas di Kotlin

Properti

Properti dalam kelas didefinisikan menggunakan kata kunci var atau val. var digunakan untuk properti yang dapat diubah (mutable), sedangkan val untuk properti yang bersifat tetap (immutable).

class Sepeda {
    var merk: String = ""
    val jumlahRoda: Int = 2
}

Konstruktor

Kelas di Kotlin bisa memiliki konstruktor, baik yang utama maupun sekunder. Berikut adalah contoh penggunaan konstruktor:

class Laptop(val merk: String, var ram: Int) {
    fun spesifikasi() {
        println("Merk: $merk, RAM: $ram GB")
    }
}

fun main() {
    val laptopSaya = Laptop("Asus", 16)
    laptopSaya.spesifikasi()  // Output: Merk: Asus, RAM: 16 GB
}

Pewarisan

Kotlin mendukung pewarisan kelas. Kita bisa membuat kelas baru yang mewarisi properti dan metode dari kelas lain.

open class Kendaraan {
    open fun suara() {
        println("Suara kendaraan.")
    }
}

class Mobil : Kendaraan() {
    override fun suara() {
        println("Suara mobil: Vroom!")
    }
}

fun main() {
    val mobil = Mobil()
    mobil.suara()  // Output: Suara mobil: Vroom!
}

Menggunakan Objek dan Kelas

Kita bisa menggunakan objek dan kelas untuk membangun aplikasi yang lebih kompleks. Kelas memungkinkan kita untuk mengorganisir kode dan mendefinisikan perilaku yang ingin kita capai dengan objek.

Kesimpulan

Kelas dan objek adalah dasar dari pemrograman berorientasi objek di Kotlin. Dalam tutorial ini, kita telah membahas cara mendefinisikan kelas, membuat objek, menggunakan konstruktor, dan memahami pewarisan. Dengan memahami konsep ini, Anda dapat membangun aplikasi dengan struktur yang lebih baik dan kode yang lebih terorganisir.

Selamat mencoba!