JavaFX atau Swing


JavaFX adalah kerangka kerja pengembangan perangkat lunak yang digunakan untuk membuat antarmuka pengguna grafis (GUI) dalam aplikasi Java. Dalam tutorial ini, saya akan membimbing Anda melalui langkah-langkah pembuatan aplikasi JavaFX sederhana.

1. Persiapan Lingkungan Pengembangan

Pastikan Anda memiliki JDK (Java Development Kit) yang terinstal di komputer Anda. Anda juga dapat menggunakan IDE (Integrated Development Environment) seperti IntelliJ IDEA atau Eclipse untuk pengembangan JavaFX.

2. Membuat Proyek JavaFX Baru

Buka IDE Anda dan buat proyek JavaFX baru. Pilih opsi untuk membuat proyek JavaFX dan konfigurasikan proyek Anda.

3. Membuat Antarmuka Pengguna

Buat file FXML untuk mendefinisikan tata letak antarmuka pengguna Anda. FXML adalah format XML yang digunakan untuk mendesain antarmuka pengguna dalam JavaFX. Anda dapat mendefinisikan elemen-elemen seperti tombol, label, dan bidang teks di dalam file FXML.

Contoh FXML:

<VBox xmlns="http://javafx.com/javafx"
      xmlns:fx="http://javafx.com/fxml"
      fx:controller="sample.MainController">

    <Label text="Selamat Datang di Aplikasi JavaFX!" />
    <Button text="Klik Saya" onAction="#onButtonClick" />

</VBox>

4. Membuat Kelas Controller

Buat kelas Java yang akan bertindak sebagai controller untuk antarmuka pengguna Anda. Hubungkan elemen-elemen dalam FXML dengan variabel di kelas controller. Implementasikan logika aplikasi Anda di sini.

Contoh Controller:

package sample;

import javafx.fxml.FXML;
import javafx.scene.control.Label;

public class MainController {
    @FXML
    private Label label;

    public void onButtonClick() {
        label.setText("Tombol Telah Diklik!");
    }
}

5. Menjalankan Aplikasi

Atur kelas utama aplikasi Anda (biasanya kelas dengan metode main) untuk memuat antarmuka pengguna. Gunakan kelas FXMLLoader untuk memuat FXML dan menghubungkannya dengan kelas controller.

Contoh Kelas Utama:

package sample;

import javafx.application.Application;
import javafx.fxml.FXMLLoader;
import javafx.scene.Scene;
import javafx.scene.layout.VBox;
import javafx.stage.Stage;

public class Main extends Application {
    @Override
    public void start(Stage primaryStage) throws Exception{
        FXMLLoader loader = new FXMLLoader(getClass().getResource("sample.fxml"));
        VBox root = loader.load();
        primaryStage.setTitle("Aplikasi JavaFX");
        primaryStage.setScene(new Scene(root, 300, 200));
        primaryStage.show();
    }

    public static void main(String[] args) {
        launch(args);
    }
}

Sekarang, Anda memiliki aplikasi JavaFX sederhana yang menampilkan label dan tombol. Ketika tombol diklik, label akan berubah. Anda dapat mengembangkan aplikasi ini lebih lanjut dengan menambahkan lebih banyak elemen dan logika sesuai kebutuhan Anda.

Semoga tutorial ini membantu Anda memulai dengan pengembangan antarmuka pengguna JavaFX! Jangan ragu untuk menyesuaikan dan bereksperimen dengan contoh ini untuk membuat aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.